Sabtu, 21 Februari 2015

Analisis Cerpen Robohnya Surau Kami | Membunuh Abdi Tuhan

Cerpen Robohnya Surau Kami


Cerpen ini menceritakan seorang kakek penjaga surau (yang disebut garin) yang seluruh hidupnya untuk mengabdi kepada Tuhan. Inilah yang menjadi ejekan Ajo Sidi kepada kakek tersebut, sehingga sang kakek merasa sangat terhina dan akhirnya bunuh diri dengan menggorok lehernya sendiri. Ajo Sidi membual sebuah cerita bahwa nanti di akhirat, Haji Soleh (tokoh rekaan Ajo Sidi) dan orang-orang alim yang taat beribadah akan diadili Tuhan dan akhirnya masuk neraka. Orang-orang yang taat beribadah tersebut melakukan protes kepada Tuhan, namun tetap saja di seret ke neraka. Kepada malaikat penjaga mereka bertanya apa kesalahan mereka sehingga dimasukkan ke neraka. Jawaban malaikat penjaga sungguh mengejutkan, karena mereka dianggap telah egois mementingkan diri sendiri dalam beribadah tanpa memikirkan kehidupan dunia sedikitpun.
Cerpen karya A.A. Navis ini memiliki keistimewaan dalam teknik penceritaan keistimewaan itu terlihat karena Navis menceritakan suatu peristiwa yang terjadi di alam lain. Bahkan di sana terjadi dialog antara tokoh manusia dengan Sang Maha Pencipta. Dari segi amanat cerpen ini memiliki pesan yang sangat religius dan dapat membuat tiap pembacanya sadar akan pentingnya berusaha di dunia dan beribadah untuk akhirat. Cerpen ini muncul dengan membawa kejutan karena ceritanya menyindir cara beragama secara tajamnya. A.A.Navis lebih banyak mengingatkan kita untuk selalu bekerja keras sebab kerja keras adalah bagian penting dari ibadah kita (demikian tanggapan Sapardi Djoko Damono terhadap cerpen Robohnya Surau Kami dalam kata pengantar Novel Kemarau karya A.A.Navis, 1992).
Cerpen ini merupakan teks sastra yang bermaksud mengkritik robohnya nilai-nilai agama yang sudah disalah artikan oleh beberapa orang terutama di Indonesia. Jadi, yang dimaksud pengarang bahwa yang roboh itu bukan dalam pengertian fisik tapi tata nilai. Pada kenyataannya, judul kisah ini hanya bersifat simbolis, karena memang tidak ada surau yang dikisahkan roboh.
Pengarang menunjukkan bahwa nama yang agamis sekalipun seperti Haji Soleh tidak mejamin akan kebaikan akhlak yang akhirnya dapat mengantarkan dia ke dalam surga. Karena kata Haji berarti orang yabg sudah pernah melakukan ibadah ke Mekkah, sedangkan Saleh berarti seseorang yang taat dan patuh beribadah serta beriman dan bertakwa kepadaNya. Sehingga betapa ironisnya jika seorang Haji Soleh dimasukkan ke dalam neraka.
Cerpen sebagai bahan/materi pembelajaran bagi masyrakat luas. latar budaya yang ditampilkannya masih tampak umum sehinga apapun latar belakang budayanya Islam, Kristen, Hindu, dan Budha tetap dapat menerimanya.
Terkait dengan kehidupan di masyrakat melalu cerpen Robohnya Surau Kami. Masyarakan diminta untuk hidup seimbang akhirat dan dunianya. Masih banyak fenomena disekliling kita yang salah dalam mengartikan hakikat ibadah.  Sehingga yang terjadi sekarang adalah kemiskinan, kebodohan, kemunduran yang semua itu berawal dari menyepelekan dunia. Dunia merupakan karunia yang menjadi hak manusia. Dengan memenfatkannya dalam hal yang baik maka itu juga termasuk dalam kategori ibadah. Jangan sampai karena sifat egois, ingin masuk surge sendiri membuat anak-cucu dan lingkungan menjadi terabaikan. Kita tidak ingin seperti halnya robohnya sebuah surau, amal yang sudah kita bangun bertahun-tahun hancur lebur karena ibadah yang tidak sesuai dengan harapan tuhan.

1 komentar:

  1. http://nalurerenewws.blogspot.com/2018/08/taipanqq-5-tanda-mertua-tidak-menyukai.html
    http://updatetaipanbiru.blogspot.com/2018/08/taipanqq-awas-celana-dalam-terlalu.html
    http://taipanpelangi.blogspot.com/2018/08/pemenang-pada-tanggal-25082018-buktikan.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus